Jumat, 13 Juli 2012

ADRT CBRCLUB SAMARINDA







CBRCLUB SAMARINDA
Sekretariat :
  • Jl. Pattimura Gg. Hasanah No.13 Samarinda, Indonesia 75132

E-mail : cibiers.revo@ymail.com

________________________________________________________________

ANGGARAN DASAR
CBRCLUB SAMARINDA


BAB I
Nama, Bentuk, Sifat, Waktu dan Kedudukan Organisasi

Pasal (1)
Nama Organisasi / Club ini bernama CBRClub Samarinda.

Pasal (2)

Bentuk Merupakan Club yang berbentuk kesatuan disektor penggemar kendaraan sepeda motor roda dua khususnya merk Honda CBR 150 maupun CBR250, tetapi tidak menutup kemungkinan berkembang di sektor- sektor lain yang sifatnya positif

Pasal (3)
Sifat Sosial, membantu dan mendukung pihak kepolisian dalam pelaksanaan tertib lalu lintas di jalan dan tidak bernaung di bawah organisasi politik tertentu

Pasal (4)
Waktu Didirikan di Samarinda pada Tanggal 25 Januari 2011, untuk jangka waktu yang tidak di tentukan

Pasal (5)
Kedudukan Organisasi / Club berkedudukan di Kotamadya Samarinda



BAB II
ASAS

Pasal (6) :
Organisasi / Club ini berazaskan PANCASILA

Pasal (7) :
Tujuan Organisasi / Club Adalah :
1.      Merangkul Pemilik, Penggemar Honda CBR 150 maupun CBR250 yang ada di Samarinda dan menjadikannya dalam sebuah Club yang KREATIF, INOVATIF, AKTIF, SANTUN DAN TERTIB LALU LINTAS Serta peduli terhadap sesama.
2.      Menjalin Silaturahim dan Mempererat tali persaudaraan baik sesama anggota Cbr Club maupun Club/Komunitas Motor lainnya.
3.     Membantu pihak dealer untuk mempromosikan produk – produk terbaru dari Honda CBR250 maupun CBR150.
4.      Menjalin kerjasama dan memperluas jaringan informasi sesama anggota CBR Club maupun Club/Komunitas Motor lainnya.



BAB III.
Usaha – Usaha Club Adalah :

Pasal (8) :
1.      Mewadahi Pemilik, Penggemar Honda CBR 150 maupun CBR250 untuk berkumpul, berdiskusi dan mendapatkan informasi yang berguna dan bermanfaat seputar Honda CBR atau lainnya.
2.      Memberikan pengetahuan dasar mengenai keamanan dalam berkendaraan (Safety Ridding) kepada Anggota CBR Club dan terutama masyarakat kota Samarinda pada umumnya.
3.      Ikut berpatisipasi dalam kegiatan Otomotif (khusunya kendaraan bermotor) dan kegiatan bakti sosial di kota Samarinda. 
4.     Bekerja sama dengan lembaga pemerintah / swasta (sponsor), organisasi / Club lain dan masyarakat umum dalam melaksanakan kegiatan yang tidak bertentangan dengan tujuan utama CBRCLUB Samarinda.
5.  Kegiatan – kegiatan lain yang berhubungan dengan disiplin tertib lalu lintas di jalan dan di bidang promosi.


BAB IV.
Lambang

Pasal (9) :
Disamping memiliki Lambang yang berbentuk motor Honda CBR yang diwakili dengan warna merah menandakan semangat …. Serta lambing wing merupakan lambang dari HONDA dan tepat dibawahnya bertuliskan CBRCLUB SAMARINDA

BAB V.
Persyaratan Anggota

Pasal (10) :
Anggota adalah warga yang bertempat tinggal/ berdomisili di kotamadta samarinda dan memiliki SIM C, KTP, surat – surat kepemilikan kendaraan yang syah serta memiliki kendaraan bermotor merk Honda CBR 150 maupun CBR250.

Pasal (11) :
Tingkat keanggotaannya adalah biasa, khusus, kehormatan dan simpatisan yang akan disesuaikan dengan fungsi status dalam organisasi dan kematangan pribadi para anggota kedalam tingkat – tingkat yang sesuai dengan tingkat senioritasnya.

Pasal (12) :
Membayar iuran bulanan sebesar yang telah ditentukan.


BAB VI
KEWAJIBAN

Pasal (13) :
Setiap anggota wajib Menjunjung tinggi nama baik Club, mentaati setiap peraturan / ketentuan yang ditetapkan turut mengambil dalam bagian dalam memberikan suara, saran dan pendapat, turut hadir dalam rapat-rapat atau pertemuan-pertemuan serta kegiatan lainnya yang tidak menyimpang dari Anggaran Dasar dan Rumah Tangga Club.

BAB VII
HAK-HAK ANGGOTA

Pasal (14) :
Pada dasarnya setiap anggota memiliki hak dan kelayakan yang sama, baik hak memilih dan dipilih, namun untuk menjaga segala kemungkinan ataupun akses-akses negatif yang mungkin timbul, maka anggota biasa tidak memiliki hak untuk dipilih menjadi pengurus, mengingat pengalaman dalam berorgansasi dan tingkat keseniorannya.

Pasal (15) :
Bahwa setiap anggota berhak memberikan suara, saran, dan pendapatnya guna peningkatan kegiatan / fungsi Club.

BAB VIII
Struktur Organisasi
Pasal (16) :
Susunan organisasi / Club pada dasarnya terdiri dari Ketua, Sekretaris dan Bendahara, namun sesuai dengan kebutuhan dan perkembangannya dapat ditingkatkan dan diperluas dengan sistem disentralisasi ke bawah yang dibagi dalam beberapa bidang antara lain Seksi Humas, Seksi Operasional dan Seksi Tehnis.

Pasal (17) :
Hal-hal sebagaimana diuraikan pada pasal 16 diatas akan diatur dan ditentukan oleh Ketua Club sesuai dengan kebutuhan.

BAB IX
Wewenang Ketua

Pasal (18) :
Ketua Club memegang wewenang / kekuasaan tertinggi pada anggota kedalam maupun keluar dengan menitik beratkan perkembangan dan kemajuan organisasi dalam arti luas.

Pasal (19) :
Ketua Club adalah Ketua Pelaksana dalam setiap kegiatan Club

BAB X
KEUANGAN

Pasal (20) :
Dana atau kekayaan Club diperoleh dari :
1.IuranAnggota
2.SumbanganSukarela(Donatur)
3. Hasil kerja sama dari pihak pemerintah, sponsor, swasta dan masyarakat umum.

BAB XI
Rapat – Rapat

Pasal (21) :
Rapat – rapat organisasi / Club meliputi rapat Bulanan, Rapat Tahunan dan Rapat Luar Biasa.



Pasal (22) :
Seluruh anggota Club diwajibkan menghadiri rapat-rapat yang diadakan oleh Club, sekurang-kurangnya 2/3 dari jumlah anggota

BAB XII
DISIPLIN ORGANISASI

Pasal (23) :
1. Dalam usaha kelancaran mekanisme serta disiplin organisasi perlu adanya penertiban
2. Apabila pengurus atau anggota sengaja atau tidak disengaja melanggar Anggaran Dasar maupun Anggaran Rumah Tangga ataupun ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan maka pengurus berhak memberikan tindakan penertiban.
3. Tindakan – tindakan penertiban antara lain :
a.Teguran secara lisan
b.Teguran secara tertulis
c. Pemberhentian dari keanggotaan/jabatan melalui Rapat Luar Biasa


BAB XIII
PERUBAHAN

Pasal (24) :
Perubahan Anggaran Dasar hanya dapat dilakukan dalam Rapat Anggota Tahunan.

BAB IV
PENUTUP

Pasal (25) :
Hal-hal yang belum diatur dalam Anggaran Dasar ini akan diatur dalam Anggaran Rumah Tangga.

Pasal (26) :
Anggaran Dasar ini berlaku sejak tanggal disahkan dan ditetapkan


Ditetapkan : Samarinda
Tanggal : 05 Maret 2011
J a m : 22.00 WIB

Ketua Sidang



ARI WICAKSONO


Sekretaris Sidang



DECKY HARIYANTO

______________________________________________________

ANGGARAN RUMAH TANGGA
CBRCLUB SAMARINDA

BABI.
KEDUDUKAN


Pasal (1) :
Sekretariat Organisasi “ CBRClub Samarinda “berkedudukan di
Jalan. Pattimura Gg. Hasanah No.13 Samarinda, Indonesia 75132.

BAB II.
KEANGGOTAAN

Pasal (2) :
Untuk menjadi anggota Organisasi “CBRClub Samarinda “diharuskan mengajukan permintaan secara tertulis kepada Ketua /Pengurus dengan mengisi formulir pengajuan untuk menjadi anggota Club.
Pasal (3) :
Seluruh pengajuan anggota baru akan diperiksa oleh Sekretaris dan akan disetujui oleh Ketua Club.
Pasal (4) :
Ketua Club dapat menolak pengajuan anggota baru tanpa memberikan alasan apapun.

BAB III.
HAK DAN KEWAJIBAN ANGGOTA
Pasal (5) :
Anggota berhak menggunakan dan memanfaatkan fasilitas organisasi, selama digunakan untuk kepentingan organisasi sesuai dengan hak dan kewajibannya.

Pasal (6) :
Kepada anggota yang dijatuhi hukuman oleh Club berhak mengajukan pembelaan kepada Ketua / Pengurus Club. Hak membela diri hanya diberikan / dibenarkan apabila melalui saluran - saluran organisatoris.
Pasal (7) :
Setiap anggota wajib mentaati dan menjalankan peraturan-peraturan ataupun tata tertib Club dan mengutamakan menjaga nama baik Club.

Pasal (8) :
Setiap anggota wajib membayar uang iuran yang besarnya ditentukan menurut ketentuan Club, uang iuran dibayar secara rutin setiap bulannya ataupun dibayar sekaligus untuk beberapa bulan yang sifatnya sebagai iuran bulanan.

Pasal (9) :
Setiap anggota yang pindah tempat tinggalnya dan keluar dari wilayah Kotamadya Samarinda diwajibkan dan harus melapor kepada Ketua Club.

Pasal (10) :
Anggota yang pindah tempat tinggal dan tidak melapor pada pengurus keberadaannya di luar wilayah Kotamadya Samarinda akan digugurkan hak keanggotaannya.

Pasal (11) :
Gugur Hak Keanggotaannya :
1. Atas permintaannya sendiri.
2. Diberhentikan karena melanggar peraturan / tata tertib Club, merugikan nama baik Club, atau melangar undang-undang pemerintah Republik Indonesia.
3. Meninggal Dunia.

BAB IV.
TINGKAT KEANGGOTAAN

Pasal (12) :
1. Anggota Biasa Adalah anggota yang baru bergabung didalam Club, kepada anggota ini berlaku segala peraturan / tata tertib, hak dan kewajiban yang ada didalam Club, kecuali mereka tidak diperkenankan duduk sebagai anggota Pengurus / Ketua
2. Anggota Khusus Adalah anggota yang tingkat senioritasnya melebihi anggota biasa, khususnya mereka yang turut mengambil bagian dalam penbentukan Club dan ada yang duduk sebagai Ketua.
3. Anggota Kehormatan Adalah predikat yang diberikan, keanggotaan tingkat ini berlaku khusus bagi tingkat Pembina, pelindung dan non anggota yang memiliki andil dalam pembinaan Club, dimana keterlibatan anggota ini merupakan suatu kehormatan tersendiri.
4. Simpatisan Adalah sebagian masyarakat yang ingin bergabung dengan Club tetapi tidak mempunyai kendaraan roda dua merk Honda CBR 150 maupun CBR250 tetapi senang dan mencintai motor / kendaraan roda dua merk Honda CBR 150 maupun CBR250.


BAB V.
DISIPLIN ORGANISASI

Pasal (13) :
Disiplin merupakan hal yang mutlak yang harus ditegakkan dalam pelaksanaan kegiatan Club dan didalam melaksanakan kewajiban-kewajiban selaku anggota Club.

Pasal (14) :
Pelanggaran-pelanggaran setiap kewajiban selaku anggota merupakan pelanggaran disiplin organisasi.


Pasal (15) :
Pada dasarnya setiap pelanggaran yang terjadi akan dicatat dalam arsip masing-masing anggota, dan untuk setiap pelanggaran akan diberikan peringatan-peringatan secara lisan dan tertulis, sebelum dikenakan tindakan / sanksi-sanksi lainnya. Peringatan tertulis diberikan dalam bentuk pemberhentian menjadi anggota.

Pasal (16) :
Setelah peringatan ke III diberikan, maka kepada anggota akan dikenakan tindakan administratif berupa skorsing sebelum dikenakan tindakan pemberhentian menjadi anggota.

Pasal (17) :
Setiap tindakan akan mengambil keputusan tentang pelaksanan hukuman-hukuman peringatan atau tindakan lain yang lebih tegas sifatnya akan didasarkan pada keputusan Rapat Pengurus Organisasi / Club yang diadakan secara khusus untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Pasal (18) :
Tindakan pemberhentian hanya dapat dibatalkan atas keputusan Ketua Club dengan mempertimbangkan alasan-alasan atau faktor-faktor yang meringankan.

BAB VI.
KEUANGAN

Pasal (19) :
1. Iuran Bulanan Adalah iuran yang dikenakan kepada anggota Club setiap Bulannya.
2. Sumbangan Sukarela Adalah sumbangan yang diberikan oleh anggota maupun simpatisan apabila mempunyai kerelaan hati / rizki berlebih yang disumbangkan kepada Club.
3. Hasil Kerja Sama dari Pihak Pemerintah, Swasta (Sponsor) dan Masyarakat Umum Adalah bantuan yang diberikan oleh pemerintah ataupun sponsor dari pihak perusahaan ataupun bantuan dari masyarakat

BAB VII.
RAPAT – RAPAT

Pasal (20) :
RapatBulanan
Adalah rapat yang dilakukan oleh pengurus yang membahas tentang kegiatan Club selama satu bulan kedepan serta mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan selama satu bulan.

RapatTahunan
Adalah rapat pertanggung jawaban Pengurus kepada anggota tentang hal keuangan dan kegiatan Club selama satu tahun dan pemilihan Ketua Club yang baru.

Rapat Luar Biasa
Adalah rapat yang diadakan sewaktu-waktu bila diperlukan dan mendesak berdasarkan usulan anggota.

BAB VIII
PENUTUP

Pasal (21) :
Peraturan Rumah Tangga ini adalah hasil dari musyarawah anggota pada tanggal 05 Maret 2011 di Samarinda.

Pasal (22) :
Hal-hal lain yang belum dan atau tidak tercantum dalam peraturan rumah tangga ini akan diatur dalam peraturan – peraturan tersendiri.

Pasal (23) :
Peraturan Rumah Tangga ini berlaku sejak tanggal ditetapkan.

Pasal (24) :
Anggaran Dasar ini berlaku sejak tanggal disahkan dan ditetapkan



Ditetapkan : Samarinda
Tanggal :
05 Maret 2011
J a m : 22.00 WIB

Ketua Sidang



ARI WICAKSONO


Sekretaris Sidang


DECKY HARIYANTO

2 komentar:

  1. saya mau sharing, saya baru saja beli new honda cbr 150 di honda semoga jaya gajah mada. tapi aneh motor saya baru 3 bulan dipake sdh terjadi suara berisik pada mesin / helicopter sound. setelah saya bawa ke dealer honda semoga jaya gajah mada, bilangnya terjadi trouble pada camshaft exhaust, pihak dealer sendiri telah berjanji akan melakukan rekondisi pada kendaraan saya, tapi sudah hampir masuk bulan ke 5 motornya belum ada kejelasaan tentang part maupun pervbaikan. padahal kendaraan saya sendiri sdh lunas & tidak berani menggunakan kendaraan saya untuk keperluan sehari-hari takut kerusakan tambah menjadi parah.
    mohon bantuan agan sekalian tentang trouble yang terjadi pada kendaraan saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan saya mau gabung dng cbrclub tpi cara gabungny gmna ya n tmpt ngmplny dmna

      Hapus

salam satu hati satu jiwa